Wednesday, June 24, 2009

Morrissey - Years of Refusal

REVIEW: MORRISSEY
Morrissey meluncurkan album Years of Refusal. Ada 12 track, dan dua track bonus khusus pembelian via iTunes di Amerika Serikat. Album ini dirilis pada 16 Februari 2009 di Inggris, dan 17 Februari di Amerika Serikat. Ini adalah album solo ke sembilan dari Steven Patrick Morrissey, eks vokalis The Smiths, setelah Ringleader of the Tormentors (2006).

Gitaris Boz Boorer menyumbang menulis empat lagu. Eks gitaris Alain Whyte menulis lima lagu, dan tiga sisanya hasil komposisi Jesse Tobias, gitaris yang menebalkan sound rock di album Ringleader of the Tormentors. Sejak Your Arsenal (1992), gitaris Whyte selalu mengisi gitar di rekaman album. Tapi di Years of Refusal, meski Whyte banyak menulis, ia tak berpartisipasi saat rekaman.

Dua track di album terbaru ini, yaitu I'm Throwing My Arms Around Paris dan One Day Goodbye Will Be Farewell sudah dibawakan saat tur Greatest Hits Morrissey pada 2007-2008.

Majalah Clash memuji Years of Refusal sebagai salah satu karya terbaik Morrissey sejak menempuh karir solo. Album ini dipuji berisi kualitas yang konsisten, dan memiliki lirik-lirik memukau. Musiknya bisa dinikmati untuk waktu lama. Rolling Stone memberi 3,5 dari 5 bintang.

Pada sampul album, Morrissey dipotret menggendong bayi dengan sebelah tangan. Bayi itu adalah putra asisten manajer tur Morrissey, Charlie Browne. Browne bertemu ibu si bayi pada sebuah konser Morissey di Boston.

Morrissey memiliki jajaran fans fanatik di Indonesia. Mereka, tentu saja, juga menggilai lagu-lagu The Smiths. Mei ini, si vegetarian Morrissey akan berumur tepat 50 tahun.


www.tempointeraktif.com

No comments: