Saturday, June 06, 2009

Baduy

Perjalanan ke salah satu desa suku Baduy adalah salah satu pengalaman yang tidak terlupakan. Desa yang berjarak sekitar 40KM dari Rangkasbitung ini memang sudah menjadi obyek wisata yang menjanjikan. Akhir mei 2009 bersama rombongan dari komunitas Jalan Melulu (thanks to Ferry) perjalanan pun dimulai dengan Kereta Api dari Stasiun Kota menuju Stasiun Rangkasbitung. Setelah itu Minibus sewaan sudah menanti untuk membawa rombongan ke Ciboleger.


Dari Ciboleger ke salah satu desa Baduy harus melalui bukit-bukit dengan berjalan kaki. Karena tujuan ke desa Cibeo yang salah satu dari suku Baduy Dalam, perjalanan lebih lama dibandingkan hanya sampai di Baduy Luar.

Alam yang disuguhkan asri dengan pemandangan yang hijau.Menariknya beberapa jembatan untuk melintasi sungai dibuat hanya dengan bambu dan diikat dengan rajutan sabut kelapa dan akar. Sayangnya memasuki wilayah batas baduy dalam kita tidak bisa lagi mengambil foto atau mengaktifkan benda elektronik.


Beberapa teman pun tidak kesulitan melewati jalan menanjak karena kita bisa memakai jasa orang baduy untuk membawakan barang kita. Selain mereka membantu membawa barang, kita juga bisa bertanya apapun tentang budaya mereka. Tapi jangan lupa yah kasi mereka tip yang memadai.

http://agamrock.multiply.com/

No comments: